Beranda Travel Yogyakarta Branding Desa Wisata Purwosari Kulon Progo, dari Hutan Pinus sampai Kebun Teh Eksotis

Home » News » Beranda Travel Yogyakarta Branding Desa Wisata Purwosari Kulon Progo, dari Hutan Pinus sampai Kebun Teh Eksotis

artikel 2

 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mem- branding Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, melalui event Visiting Jogja Tourism Walk yang digelar Sabtu, 16 September 2023.

Dalam perhelatan itu, sekitar 150 peserta diajak berkeliling ke sejumlah spot menarik desa wisata dengan berjalan kaki kurang lebih sejauh 7,5 kilometer di pagi hari.

Peserta diajak mengunjungi beberapa tempat dengan tema yang berbeda sebagai check point. Titik pertama adalah Bukit Sebutrong yang dikelilingi oleh hutan pinus teduh. Bukit ini memiliki batu besar berbentuk gajah sebagai ciri khas. Peserta bisa berfoto dan berjalan menuju puncak bukit.

Check point kedua adalah Kebun Teh Gumilir. Tidak hanya melihat hamparan tanaman teh, peserta juga belajar bagaimana proses pembuatan teh secara tradisional. Setelah itu, peserta bisa menikmati teh hijau khas Gumilir. 

Di check point ketiga, setelah menusuri jalan perbukitan yang cukup panjang, peserta disuguhi pemandangan indah Ayunan Langit. Wahana Ayunan Langit ini bisa dicoba secara bergantian.

Perjalanan berlanjut ke Mintaro Craft yang memproduksi kerajinan berbahan serat alam.

Terakhir, suguhan kopi arabika dan robusta dari Kopi Tumpang Sari di check point terakhir menutup perjalanan. Kopi Tumpang Sari merupakan inisiasi sekelompok anak muda untuk mengangkat kopi menorah menjadi produk berkualitas dan mampu bersaing dipasaran.

“Dari event ini peserta terus menyusuri jalan pedesaan, yang kanan kirinya ijo royo-royo (hijau persawahan) dengan penduduk yang ramah,” kata Tri.

Tri mengatakan dari event itu pihaknya ingin menegaskan bahwa destinasi wisata bukanlah sebuah tempat, namun lebih cara baru melihat sesuatu.

Selama perjalanan menjelajahi desa wisata ini peserta juga diajak bertransaksi menggunakan QRIS di setiap spot check point. Meskipun sedang tidak ada jaringan, peserta tetap bisa mengakses aplikasi QRIS dengan wifi gratis yang sudah disediakan. 

 

 

 

sumber : https://travel.tempo.co/read/1773084/yogyakarta-branding-desa-wisata-purwosari-kulon-progo-dari-hutan-pinus-sampai-kebun-teh-eksotis